Kenali Penyakit Kanker Kerongkongan Dan Seberapa Ganas Pertumbuhannya

Kanker Kerongkongan: Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan

Sudah menjadi hal yang umum diketahui oleh orang – orang bahwa kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan saking berbahayanya penyakit ini sampai saat inipun belum ada obat yang ditemukan untuk menyembuhkannya. Hal yang bisa dilakukan kepada orang yang mengidap penyakit kanker yaitu serangkaian perawatan yang bisa menahan pertumbuhan sel kanker tersebut.

Sel kanker sendiri bisa tumbuh dan menyerang bagian tubuh manapun tidak terkecuali bagian kerongkongan. Ya, kanker kerongkongan atau kanker tenggorokan ini merupakan penyakit kanker yang tumbuh dan berkembang pada bagian tenggorokan seperti Laring, Faring, dan Amandel. Tenggorokan sendiri merupakan saluran yang menghubungkan antara mulut, hidung dan leher.

Jika dilihat secara fungsi, tenggorokan ini mempunyai fungsi yang cukup penting yaitu untuk memastikan tubuh bisa bernapas dengan baik sehingga saat bernafas orang tidak mudah tersedak dan menyalurkan makanan yang masuk kedalam tubuh. Selain itu pada tenggorokan juga terdapat amandel yang berfungsi untuk menjada sistem imun tubuh dan mencegah benda asing yang bisa masuk ke paru – paru.

Kanker kerongkongan atau kanker tenggorokan sendiri terbagi menjadi beberapa jenis kanker, berikut diantaranya :

  • Kanker Nasofaring, yaitu kanker yang terletak di bagian belakang hidung
  • Kanker Orofaring, yaitu kanker yang terletak di bagian belakang mulut diantara nasofaring, hipofaring, dan juga amandel
  • Kanker Hipofaring, yaitu kanker yang terletak di bagian bawah tenggorokan dan diatas kerongkongan atau laring.
  • Kanker Supraglotis, yaitu kanker yang terletak di bagian atas laring atau tulang rawang.
  • Kanker Glotis, yaitu kanker yang terletak pada pita suara.
  • Kanker Subglotic, yaitu kanker yang terletak pada bagian bawah pita suara.

Pada kasus kanker tenggorokan ini biasanya di tahapan stadium awal penyakit ini memang sulit untuk dideteksi karena gejalanya tidak siginifikan. Bahkan pada beberapa kasus sering ditemui bahwa gejala awal yang dialami hanya mirip seperti gejala sakit biasa pada umumnya. Namun seiring pertumbuhan sel kanker yang semakin berkembang biasanya gejala yang ditemui akan lebih spesifik.

Biasanya jika sel kanker yang tumbuh pada area kerongkongan sudah semakin menyebar maka tanda – tanda munculnya penyakit inipun akan semakin jelas. Berikut ini gejala umum yang sering muncul pada orang yang mengidap kanker tenggorkan :

  • Batuk terus menerus dalam waktu lama
  • Mengalami kesulitan saat menelan makanan atau minuman
  • Terjadi perubahan suara menjadi serak atau bahkan sulit untuk mengeluarkan suara
  • Sensasi penyakit radang tenggorokan yang tidak kunjung hilang
  • Turunnya berat badan secara signifikan
  • Terjadi pembengkakan pada bagian kelenjar getah bening
  • Terasa nyeri di bagian telinga

Jika anda menglami salah satu dari gejala diatas dalam jangka waktu yang cukup lama, maka tidak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi tersebut ke dokter ahli. Selebihnya anda akan menjalani serangkaian tes untuk mengetahui hasil akurat dari gejala penyakit yang dirasakan. Semakin cepat dideteksi maka akan penanganan yang bisa dilakukan pun akan semakin baik.

Di Indonesia sendiri penyakit kanker tenggorokan atau kerongkongan ini merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang umum terjadi. Dari beberapa jenis kanker tenggorokan yang ada, jenis kanker nasofaring, kanker laring, serta kanker orofaring lah yang paling sering ditemukan. Sampai saat ini tercatat angka kematian untuk penyakit kanker kerongkongan ini hampir mencapai 85 % .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *