3 Perbedaan Antara Apotik Online dan Apotek Tradisional

Banyak orang saat ini mungkin pernah mendengar tentang layanan apotik online. Apotek yang menawarkan obat-obatan melalui internet dikenal sebagai apotek online. Daftar obat yang dijual melalui website atau aplikasi tersedia untuk pembeli obat. Setelah itu, pembeli melakukan transfer bank dan obat dikirim melalui kurir. Apotek online identik dengan apotek tradisional. Meskipun layanan apotek online hampir sama, namun ada beberapa perbedaan yang membedakan layanan apotek online ini. Kami akan membahas masing-masing satu per satu.

Informasi Tentang Obat

Kita memperoleh informasi obat dari apotek biasa dengan mengunjungi apotek atau toko fisik apotek. Kita akan bertemu banyak karyawan apotek, seperti apoteker dan asisten apoteker, di toko fisik. Kemudian kita akan dapat menanyakan tentang obat yang kita cari. Kita mungkin bertanya tentang nama obatnya, seperti obat batuk Formula 44. Kami mungkin juga menanyakan tentang sifat obat, seperti obat batuk. Kita juga bisa menanyakan tentang komposisi obat, seperti apakah ada antibiotiknya. Apoteker akan merespon dan mencari obat yang kita butuhkan satu per satu sampai kita menemukan yang benar.

Kita dapat menemukan informasi obat lebih cepat melalui apotek online terdekat. Kita tidak diharuskan mengunjungi apotek secara langsung. Cukup buka situs website atau aplikasi apotek online dan ketik kata pencarian ke dalam kotak pencarian. Saat Anda memasukkan obat batuk, misalnya, akan muncul daftar obat batuk yang bisa Anda beli. Kita dapat memilih satu obat batuk dan rincian obat akan segera ditampilkan. Silakan coba cari informasi obat melalui salah satu apotek online, seperti Apotek 24 Jam, untuk informasi lebih lanjut.

Metode pembayaran

Apotek fisik menawarkan berbagai pilihan pembayaran, namun karena kendala infrastruktur, mereka seringkali hanya menerima uang tunai, debit, atau kartu kredit. Metode pembayaran yang paling umum adalah tunai, karena sebagian besar toko fisik memiliki sistem POS atau kasir untuk menerima uang tunai.

Apotek online biasanya memiliki infrastruktur pembayaran yang jauh lebih lengkap, mereka menyediakan berbagai pilihan pembayaran. Transfer bank, kartu debit, kartu kredit, Gopay, Ovo, Dana, dan berbagai metode pembayaran digital lainnya adalah semua pilihan. Tentunya untuk pembayaran cash, Cash On Delivery atau pembayaran saat barang diantar ke tempat tinggal bisa digunakan. Bahkan mereka yang tinggal di daerah pinggiran pun bisa melakukan pembayaran dengan menyetor tunai di Indomart setempat.

Resep untuk Ditebus

Salah satu pelayanan yang diberikan oleh apotek adalah penebusan resep dokter untuk obat-obatan yang tertera pada resep. Resep hanya dapat ditebus di apotek setelah berbicara dengan apoteker di sana. Cukup mudah untuk menebus resep di apotek fisik. Cukup berikan apoteker kertas resep tersebut. Apoteker kemudian akan memeriksa resep untuk melihat apakah itu asli. Apoteker kemudian dapat memberikan saran apakah obat yang tercantum dalam resep harus diganti dengan obat dari merek lain yang lebih baik atau lebih murah. Tentu saja, dokter yang menulis resep harus mendukung saran ini. Jika semuanya sudah beres, apoteker akan mencari obat dan menyerahkannya kepada pelanggan.

Resep ditebus melalui apotek online dengan cara yang sama, perbedaannya adalah resep disediakan dengan mengirimkan foto resep melalui email atau melalui situs website atau melalui media percakapan online. Langkah selanjutnya sama seperti jika Anda menebus resep di toko obat fisik. Mungkin satu-satunya perbedaan adalah bagaimana obat itu diberikan kepada pembeli. Obat tersebut tentunya akan dikirimkan melalui jasa kurir jika Anda menggunakan apotek online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *